• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMA NEGERI 1 FAKFAK. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMA NEGERI 1 FAKFAK

NPSN : 60401122

Jl. Ki Hajar Dewantara Fakfak, Papua Barat


[email protected]

TLP : 0265656565


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 208417
Pengunjung : 66519
Hari ini : 34
Hits hari ini : 91
Member Online : 0
IP : 18.97.9.174
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Ini 9 Aspek Penilaian Survei Lingkungan Belajar Yunus Adiantor




Info SMA Negeri 1 Fakfak

Asesmen Nasional 2022, Ini 9 Aspek Penilaian Survei Lingkungan Belajar


SMA Negeri 1 Fakfak telah melaksanakan Servei lingkungan belajar dari tanggal 25 s.d 28 Agustus 2022 bertempat dilaboratorium computer 1 dan 2 dengan jumlah peserta 57 guru yang terdaftar di Dapodik SMA Negeri 1 Fakfak 2023.Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 akan dimulai pada September sampai dengan November 2022. Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (SK), dan Survei Lingkungan Belajar. Dilansir dari laman Direktorat SMA Kemendikbudristek, Survei lingkungan belajar akan mengukur kualitas 9 aspek yang memengaruhi kualitas belajar peserta didik, mulai dari input dan proses belajar-mengajar di dalam kelas maupun di tingkat sekolah

1. Kualitas pembelajaran

Kualitas pembelajaran akan mengukur tingkat kualitas interaksi yang terjadi antara peserta didik, guru, dan juga materi pembelajaran yang dijelaskan oleh guru kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Kualitas pembelajaran mencakup pengelolaan kelas, dukungan afektif, pembelajaran interaktif, dan penyesuaian cara mengajar sesuai dengan kemampuan peserta didik.

2. Praktik perbaikan pembelajaran oleh guru

Pembelajaran yang dilakukan juga perlu direfleksikan oleh guru. Dalam aspek ini dapat melalui belajar seputar pembelajaran, refleksi atas praktik pengajaran, serta penerapan praktik inovatif.

3. Kepemimpinan instruksional

Kepemimpinan instruksional di sini lebih kepada peran kepala sekolah dalam memimpin satuan pendidikan. Misalnya, kemampuan kepala sekolah untuk menyusun visi, misi, program, dan juga kebijakan yang mendukung guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

4. Iklim keamanan di sekolah

Iklim keamanan di sekolah Satuan pendidikan seyogianya harus memberikan perlindungan dan rasa aman bagi seluruh warga sekolah, baik secara fisik dan juga psikologis. Oleh karena itu, satuan pendidikan perlu memiliki pemahaman, program, serta menerapkan kebijakan terkait perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, dan narkoba.

5.Iklim kebinekaan di sekolah

Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman. Maka dari itu, satuan pendidikan perlu menghargai keragaman agama, sosial, budaya, dukungan kesetaraan hak sipil, dan komitmen kebangsaan.

6. Dukungan atas kesetaraan gender

Lingkungan di satuan pendidikan harus bisa berperilaku adil dan memberikan kesempatan yang bagi seluruh warga sekolah, baik laki-laki maupun perempuan, dalam menjalankan peran di lingkungan satuan pendidikan.

7. Iklim inklusivitas

Satuan pendidikan harus mampu mengedukasi pengetahuan, menerima, dan juga mendukung para peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus, serta murid cerdas istimewa ataupun bakat istimewa.

8. Dukungan partisipasi orang tua dan peserta didik

Seluruh elemen warga sekolah idealnya harus terlibat dalam setiap kegiatan dan juga program yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Maka dari itu, orang tua bisa ikut berpartisipasi dalam kepanitiaan kegiatan sekolah dan juga peserta didik bisa berperan serta dalam penyusunan program sekolah.

9. Latar belakang sosial-ekonomi peserta didik

Survei lingkungan belajar juga mencoba untuk memetakan latar belakang sosial-ekonomi peserta didik. Kondisi sosial-ekonomi di sini terkait dengan mengakses dan juga memperoleh layanan pendidikan yang berkualitas, seperti tingkat pendidikan orang tua dan juga fasilitas belajar yang tersedia di rumah.

Survei ini bertujuan untuk memotret berbagai aspek yang terkait dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan, sehingga hasil AN 2022 memberikan informasi komprehensif mengenai input dan proses pembelajaran. Guru dapat mengisi Survei Lingkungan Belajar melalui laman: surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id

Jadwal pengisian untuk SMA/SMK/MA/Paket C sederajat: 22-31 Agustus 2022.

Salam Literasi...!!!

dari ujung Timur Indonesia Papua Barat



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :





   Kembali ke Atas